HARDISK LAPTOP MUDAH RUSAK KARENA... INI DIA GAN.. - Cara Memperbaiki Hard Disk Rusak

Wednesday, June 14, 2017

HARDISK LAPTOP MUDAH RUSAK KARENA... INI DIA GAN..

hardisklaptoprusak.blogspot.com

Hardisk laptop rusak karena seringnya kita melakuakan kesalahan kecil dalam penggunaan hardisk tersebut, sebelum kita lanjutkan mari kita lihat apa itu definisi hardisk:

Hardisk yaitu perangkat keras komputer/pc yang tugasnya sebagai alat penyimpanan. Bisa di simpulkan bahwa hardisk merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah personal komputer.


Mengapa tergolong penting..? Yaa, karena semua data-data yang anda miliki tersimpan di dalam hardisk. Coba anda bayangkan, jika hardisk yang anda gunakan selama ini terjadi kerusakan. Betapa menyesal dan pusingnya anda, dikarenakan semua dokumen yang telah anda miliki tersimpan di hardisk tersebut akan hilang.

Sebagai hardware / perangkat keras komputer, tentunya hardisk juga bisa mengalami suatu kerusakan. Oleh karena itu, alangkah baik nya jika kita bisa mencegah hal tersebut se minim mungkin.

langkah yang tepat untuk mencegah hal tersebut yaitu dengan cara mengetahui faktor penyebab harddisk cepat rusak. Dengan begitu kerusakan yang memang disebabkan oleh faktor manusia seperti contoh benturan serta kelalaian lainnya bisa dicegah.

Berikut merupakan kesalahan kecil yang sering kita lakukan sehingga hardisk laptop kamu cepat rusak :




1. Over Heat


hardisklaptoprusak.blogspot.com







Over heat atau panas yang terlalu berlebihan merupakan salah satu yang menyebabkan hardisk rusak.  seperti yang kita tau bahwa hardisk memang komponen atau hardware yang mudah panas. dan biasanya, semakin lama kita dalam pemaikaian maka akan semakin panas pula hardisk tersebut. Solusi tepatnya adalah dengan menambahkan kipas pendingin khusus untuk harddisk.





2. Sering melakukan instalasi


hardisklaptoprusak.blogspot.com


Seringnya atau bnyaknya melakukan installasi pada komputer pc atau pun laptop, juga bisa memicu kerusakan harddisk. Biasanya hal ini sering dilakukan bagi orang yang belum paham dan baru mempelajari komputer. Rasa penasaran mereka yang besar sehingga membuat mereka lebih sering melakukan berbagai kegiatan installasi. Entah itu installasi sistem operasi maupun program-programnya. Jika hal ini terus dilakukan, biasanya harddisk akan mengalami bad sector, dan akan sangat sulit untuk memperbaikinya.





3. Benturan


Benturan juga bisa memicu kerusakan pada sebuah hardisk. Benturan yang dimaksud di sini bisa berupa gesekan keras dengan benda lain, terdapat guncangan atau bisa juga disebabkan karena terjatuh. Dengan demikian, Anda harus lebih berhati-hati lagi dalam melakukan sesuatu yang berhubungan dengan hardisk, entah itu memindahkan komputer, memindahkan hardisk, ataupun memasang hardisk ke komputer. Begitu juga ketika kita membawa laptop didalam tas, karena tentu bisa saja menyebabkan terjadi benturan yang tidak kitasadari.


4. Usia Hardisk



hardisklaptoprusak.blogspot.com

usia adalah salah satu penyebab harddisk rusak. Bahkan bukan hanya hardisk saja, setiap komponen elektronika pasti memiliki batas usianya masing2. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan perawatan terhadap hardisk anda agar memiliki masa yang lebih panjang dan awet.


5. Penggunaan yang berlebihan

hardisklaptoprusak.blogspot.com

 



Penggunaan yang berlebih juga dapat menjadi penyebab utama hardisk cepat rusak. sebagai contoh bermain game, memutar video, mendengarkan musik, serta online dalam waktu yang cukup lama akan menyebabkan bertambahnya perfoma yang dibutuhkan harddisk. Jika hal ini dibiarkan dalam kurun waktu yang lama, besar kemungkinan kinerja harddisk ini akan melemah dan rusak.


Itulah 5 faktor penyebab hardisk rusak. Untuk itulah sebaiknya kita menghindari hal tersebut dengan lebih berhati-hati dalam penggunaannya dan yang tidak kalah penting yaitu memberikan perawatan yang baik agar bisa lebih awet seperti dan tahan lama.